KOPERASI
Disusun
Oleh:
1.Nurhadi Wicaksono (26217782)
2. Nurul Anisa (24217617)
3.Suci Wulan Sari (25217788)
4.Veny (26217070)
5.Zulkifli Boli Malakalu (26217414)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan
Makalah koperasi Dan juga kami berterimakasih kepada beberapa pihak yang telah
membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami
menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat
maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima
segala kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga
makalah ilmiah ini dapat memberikan maanfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.
Depok,24 November 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………….
DAFTAR ISI………………………………………………………………………....
BAB 1
PENDAHULUAN……………………………………………………………
1.1 Latar Belakang……………………………………………………………
1.2 Tujuan Penulisan………………………………………………………….
1.3 Manfaat Penulisan………………………………………………………...
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Koperasi Indonesia……………………………………………..
2.2 Sejarah Koperasi Sekolah……………………………………………….
2.3 Pengurus Koperasi………………………………………………………
2.4 Koperasi Yang bergerak dibidang Jasa………………………………..
2.5 Modal…………………………………………………………………….
2.6 Visi Dan Misi……………………………………………………………
BAB III
3.1 Kesimpulan ……………………………………………………………….
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Koperasi merupakan produk ekonomi yang kegiatannya
menjadi gerakan ekonomi kerakyatan, dan berjalan dengan prinsip gotong-royong.
Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan
bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama
dari para anggotannya.
Koperasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam
menyusun usaha bersama dari orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi
terbatas. Dalam
rangka
usaha untuk memajukan kedudukan rakyat yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas
tersebut, maka Pemerintah Indonesia memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan
perkumpulan-perkumpulan Koperasi.
Pemerintah Indonesia sangat berkepentingan dengan
Koperasi, karena Koperasi di dalam sistem perekonomian merupakan soko guru.
Koperasi di Indonesia belum memiliki kemampuan untuk menjalankan peranannya
secara efektif dan kuat. Hal ini disebabkan Koperasi masih menghadapai hambatan
struktural dalam penguasaan faktor produksi khususnya permodalan. Dengan demikian
masih perlu perhatian yang lebih luas lagi oleh pemerintah agar keberadaan
Koperasi yang ada di Indonesia bisa benar-benar sebagai soko guru perekonomian
Indonesia yang merupakan sistem perekonomian yang yang dituangkan dalam
Undang-Undang Dasar 1945 .
Cita-cita Koperasi memang sesuai dengan susunan
kehidupan rakyat Indonesia. Meski selalu mendapat rintangan, namun Koperasi
tetap berkembang. Seiring dengan perkembangan masyarakat, berkembang pula
perundang-undangan yang digunakan. Perkembangan dan perubahan
perundang-undangan tersebut dimaksudkan agar dapat selalu mengikuti
perkembangan jaman.
1.2 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan koperasi
2. Untuk mengetahui tujuan dan manfaat koperasi.
3. Untuk mengetahui koperasi yang berada disekolah.
4. Untuk mengetahui sejarah berdirinya koperasi tersebut.
1.3 Manfaat Penulisan
1. Sebagai tambahan Pengetahuan bagi penulis dan pembaca
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah koperasi Indonesia
Singkat sejarah adanya koperasi di Indonesia. pada
abad ke 20 umumnya hasil yang tidak spontan dan tidak dilakukan oleh
orang-orang kaya, koperasi tumbuh dari kalangan rakyat. Ketika menderita dalam
keadaan ekonomi yang sulit dan orang-orang yang hidup dengan ekonomi terbatas,
maka dari situlah terdorong untuk mempersatukan diri untuk meolong dirinya
sendiri dan manusia yang lainnya. Koperasi di Indonesia dikenalkan oleh R. A.
Wiriaatmadjadi Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1896.
2.2 Sejarah koperasi sekolah
Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di
lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas guru dan karyawan sekolah.
Koperasi sekolah dapat didirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang
pendidikan, misalnya koperasi sekolah dasar, koperasi sekolah menengah pertama,
dan seterusnya.
Koperasi tabsiguan telah dibentuk kepengurusannya pada
tahun 2006 dan sudah berjalan hingga saat ini. Pada tahun 2006 hingga juli 2017
koperasi tabsiguan memiliki kepengurusan pertama. Dan setelah itu dari Agustus
2017 hingga saat ini koperasi tabsiguan sudah mengganti beberapa anggota
kepengurusan di karenakan dari beberapa anggota kepengurusan koperasi ini sudah
pensiun.
2.3 Pengurus koperasi
Koperasi tabsiguan memiliki 61 guru dan karyawan tetapi
yang menjadi anggota kepengurusan hanya 59 Anggota. Dan juga hanya guru dan
karyawan yang diizinkan menjadi anggota, diluar itu tidak diperbolehkan. Pada
tahun 2006 hingga Juli 2017 koperasi ini memiliki pengurus koperasi yang
beranggotakan :
·
Ketua : Drs.
Suyitno (kepala sekolah)
·
Sekretaris : Riyani,
S.pd
·
Bendahara :
Maryati, S.pd
·
Pembina : Drs. H
Syamsudin Hasibuan, MM
·
Pengawas : Dra.
Nurhanaya dan Drs. Suhardi
Mulai
Agustus 2017 hingga saat ini kepengurusan koperasi tabsiguan adalah :
·
Ketua : Drs.
Suyitno (kepala sekolah)
·
Sekretaris : Subagyo,
SE
·
Bendahara :
Riyani, S.pd
·
Pembina : Drs. Suroto
·
Pengawas : Dra.
Nurhanaya dan Ariyanti
2.4 Koperasi yang bergerak dibidang jasa
Koperasi
ini bergerak dalam bidang jasa pinjaman :
1. Pinjaman dalam bentuk Uang dan Barang
2. Investasi Uang
3. Tabungan Masa depan dan Qurban
2.5 Modal
Modal
yang dicatat dalam koperasi ini pada bulan 31 juli 2018 sebesar 777.675.567
Walaupun
koperasi ini belum mempunyai kantor sendiri, tetapi koperasi ini sudah
mempunyai modal yang cukup besar.
2.6 Visi dan Misi
Koperasi
tabsiguan memiliki visi dan misi :
1. Untuk tolong menolong sesama anggota
2. Mensejahterahkan anggota
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di
sekolah yang anggota-anggotanya terdiri dari guru dan karyawan. Modal koperasi
sekolah di dapat dari modal sendiri dan modal dari pihak luar. Lapangan Usaha
Koperasi sekolah berada dalam lingkungan sekolah yang usahanya meliputi sektor
ekonomi yang dapat memenuhi kebutuhan para siswa sekolah. Dengan adanya
koperasi sekolah, siswa mudah mendapatkan keperluan sekolah dengan harga yang
terjangkau.
Dokumentasi foto
Koperasi
mini market AT-TA’AAWUN termasuk koperasi yang dimiliki sekolah Smai pb
soedirman cijantung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar