Minggu, 25 November 2018

Tugas Koperasi


MAKALAH
KOPERASI



Disusun Oleh:
1.Nurhadi Wicaksono (26217782)
2. Nurul Anisa (24217617)
3.Suci Wulan Sari (25217788)
4.Veny (26217070)
5.Zulkifli Boli Malakalu (26217414)






FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2018
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Makalah koperasi Dan juga kami berterimakasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.

            Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.

            Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah ini dapat memberikan maanfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.












Depok,24 November 2018
Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………….
DAFTAR ISI………………………………………………………………………....
BAB 1
PENDAHULUAN……………………………………………………………
1.1 Latar Belakang……………………………………………………………
1.2 Tujuan Penulisan………………………………………………………….
1.3 Manfaat Penulisan………………………………………………………...
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Koperasi Indonesia……………………………………………..
2.2 Sejarah Koperasi Sekolah……………………………………………….
2.3 Pengurus Koperasi………………………………………………………
2.4 Koperasi Yang bergerak dibidang Jasa………………………………..
2.5 Modal…………………………………………………………………….
2.6 Visi Dan Misi……………………………………………………………
BAB III
3.1 Kesimpulan ……………………………………………………………….














BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Koperasi merupakan produk ekonomi yang kegiatannya menjadi gerakan ekonomi kerakyatan, dan berjalan dengan prinsip gotong-royong.
Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, melakukan usaha dan kegiatan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggotannya.
Koperasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyusun usaha bersama dari orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi terbatas. Dalam
rangka usaha untuk memajukan kedudukan rakyat yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas tersebut, maka Pemerintah Indonesia memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan perkumpulan-perkumpulan Koperasi.
Pemerintah Indonesia sangat berkepentingan dengan Koperasi, karena Koperasi di dalam sistem perekonomian merupakan soko guru. Koperasi di Indonesia belum memiliki kemampuan untuk menjalankan peranannya secara efektif dan kuat. Hal ini disebabkan Koperasi masih menghadapai hambatan struktural dalam penguasaan faktor produksi khususnya permodalan. Dengan demikian masih perlu perhatian yang lebih luas lagi oleh pemerintah agar keberadaan Koperasi yang ada di Indonesia bisa benar-benar sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang merupakan sistem perekonomian yang yang dituangkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 .
Cita-cita Koperasi memang sesuai dengan susunan kehidupan rakyat Indonesia. Meski selalu mendapat rintangan, namun Koperasi tetap berkembang. Seiring dengan perkembangan masyarakat, berkembang pula perundang-undangan yang digunakan. Perkembangan dan perubahan perundang-undangan tersebut dimaksudkan agar dapat selalu mengikuti perkembangan jaman.



1.2 Tujuan Penulisan
1.     Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan koperasi
2.     Untuk mengetahui tujuan dan manfaat koperasi.
3.     Untuk mengetahui koperasi yang berada disekolah.
4.     Untuk mengetahui sejarah berdirinya koperasi tersebut.

1.3 Manfaat Penulisan
1.     Sebagai tambahan Pengetahuan bagi penulis dan pembaca


















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah koperasi Indonesia
Singkat sejarah adanya koperasi di Indonesia. pada abad ke 20 umumnya hasil yang tidak spontan dan tidak dilakukan oleh orang-orang kaya, koperasi tumbuh dari kalangan rakyat. Ketika menderita dalam keadaan ekonomi yang sulit dan orang-orang yang hidup dengan ekonomi terbatas, maka dari situlah terdorong untuk mempersatukan diri untuk meolong dirinya sendiri dan manusia yang lainnya. Koperasi di Indonesia dikenalkan oleh R. A. Wiriaatmadjadi Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1896.

2.2 Sejarah koperasi sekolah
Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas guru dan karyawan sekolah. Koperasi sekolah dapat didirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikan, misalnya koperasi sekolah dasar, koperasi sekolah menengah pertama, dan seterusnya.

Koperasi tabsiguan telah dibentuk kepengurusannya pada tahun 2006 dan sudah berjalan hingga saat ini. Pada tahun 2006 hingga juli 2017 koperasi tabsiguan memiliki kepengurusan pertama. Dan setelah itu dari Agustus 2017 hingga saat ini koperasi tabsiguan sudah mengganti beberapa anggota kepengurusan di karenakan dari beberapa anggota kepengurusan koperasi ini sudah pensiun.

2.3 Pengurus koperasi
Koperasi tabsiguan memiliki 61 guru dan karyawan tetapi yang menjadi anggota kepengurusan hanya 59 Anggota. Dan juga hanya guru dan karyawan yang diizinkan menjadi anggota, diluar itu tidak diperbolehkan. Pada tahun 2006 hingga Juli 2017 koperasi ini memiliki pengurus koperasi yang beranggotakan :
·         Ketua : Drs. Suyitno (kepala sekolah)
·         Sekretaris : Riyani, S.pd
·         Bendahara : Maryati, S.pd
·         Pembina : Drs. H Syamsudin Hasibuan, MM
·         Pengawas : Dra. Nurhanaya dan Drs. Suhardi

Mulai Agustus 2017 hingga saat ini kepengurusan koperasi tabsiguan adalah :
·         Ketua : Drs. Suyitno (kepala sekolah)
·         Sekretaris : Subagyo, SE
·         Bendahara : Riyani, S.pd
·         Pembina : Drs. Suroto
·         Pengawas : Dra. Nurhanaya dan Ariyanti

2.4 Koperasi yang bergerak dibidang jasa
Koperasi ini bergerak dalam bidang jasa pinjaman :
1.      Pinjaman dalam bentuk Uang dan Barang
2.      Investasi Uang
3.      Tabungan Masa depan dan Qurban

2.5 Modal
Modal yang dicatat dalam koperasi ini pada bulan 31 juli 2018 sebesar 777.675.567
Walaupun koperasi ini belum mempunyai kantor sendiri, tetapi koperasi ini sudah mempunyai modal yang cukup besar.

2.6 Visi dan Misi
Koperasi tabsiguan memiliki visi dan misi :
1.      Untuk tolong menolong sesama anggota
2.      Mensejahterahkan anggota




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di sekolah yang anggota-anggotanya terdiri dari guru dan karyawan. Modal koperasi sekolah di dapat dari modal sendiri dan modal dari pihak luar. Lapangan Usaha Koperasi sekolah berada dalam lingkungan sekolah yang usahanya meliputi sektor ekonomi yang dapat memenuhi kebutuhan para siswa sekolah. Dengan adanya koperasi sekolah, siswa mudah mendapatkan keperluan sekolah dengan harga yang terjangkau.

Dokumentasi foto
Koperasi mini market AT-TA’AAWUN termasuk koperasi yang dimiliki sekolah Smai pb soedirman cijantung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar